Search This Blog

Jeruk Nipis untuk Jerawat Meradang

Cara Menggunakan Jeruk Nipis Untuk Jerawat Meradang

Jeruk nipis telah dipercaya bisa memiliki kaiat untuk menghilangkan jerawat yang meradang. Metode ini sebenarnya sudah dikenal oleh nenek moyag kita. Nenek moyang kita memang memiliki beberapa resep alami untuk mengatasi berbagai macam gagguan kesehata, salah satunya adalah mengatasi jerawat dengan jeruk nipis.

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis

Buah yang satu ini atau dalam bahasa latin disebut Citrus aurantifolia dikenal memiliki suatu zat yang bernama Flavonoid. Flavonoid merupakan zat yang memiliki kasiat untuk mengatasi lesi inflasi (jaringan tubuh abnormal dengan peradangan).

Kedua, Jeruk nipis juga mengandung zat Linalool. yakni zat yang berfungsi sebagai metabolit sekunder. Klasifikasi metaboli sekunder pada zat ini termasuk sebagai Terpenoid Monoterpana. Nah, fungsi metabolit sekunder tipe ini antara lain sebagai penghambat transport ion dan anestesi. Fungsi semacam ini baik untuk menghambat jerawat yang terus meradang.

Ketiga, kandungan yang banyak ditemukan dalam Jeruk Nipis adalah vitamin A, B1 (Thiamin) dan C. Vitamin A berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit dan mempertahankan kulit agar tetap kencang.

Sedangkan fungsi vitamin B1 (Thiamin) banyak dibahas di tweet dengan hastag #TentangThiamin. Dimana salah satu fungsi dan manfaat vitamin B1 adalah menjaga kelancaran sirkulasi darah, dalam kaitannya dengan jerawat hal ini penting untuk kesehatan kulit (khususnya wajah). 

Dan vitamin C, sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa vit.C merupakan zat anti-oksidan dalam tubuh yang bermanfaat untuk menangkal berbagai penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Karena, salah satu faktor penyebab munculnya jerawat adalah radikal bebas yang bisa saja berasal dari makanan, polutan atau bahkan dari dalam tubuh (stress). 

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis ?

Dengan memperhatikan kandungan jeruk nipis yang telah diurai diatas, maka penggunaan jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat bisa digunakan dengan dikonsumsi secara rutin dan teratur. Dan juga dapat dijadikan sebagai obat luar untuk membersihkan bakteri pada kulit yang berjerawat.

Pertanyaannya adalah efektifkah cara tersebut

Efektivitas atau keberhasilan pengobatan alami dengan bahan-bahan herbal atau tradisional sebenarnya terletak pada kedisiplinan dan kontinyuitas perawatan.

Pengobatan herbal memang tidak bisa (atau kecil kemungkinan) dapat memberikan hasil instan, karena cara kerjanya bersifat memperbaiki sistem metabolisme tubuh, bukan mengobati jaringan yang rusak/sakit.

Namun kelebihannya, meski tidak memberikan efek langsung atau instan, pengobatan herbal dan alami memiliki resiko efek samping yang sangat kecil sehingga aman dikonsumsi.

Sumber: http://sharedietsehat.blogspot.com/2013/11/cara-menggunakan-jeruk-nipis-untuk.html

No comments:

Post a Comment