Search This Blog

Proses Pembuatan Batik Tulis Pekalongan

Tahapan Pembuatan Batik Pekalongan

ilustrasi-sehatcantikblog.blogspot-com
Langsung saja kita bahas tahapan pembuatan batik tulis dari Pekalongan adalah sebagai berikut:
  • Sebelum membuat batik, kain mori haruslah diremaskan terlebih dahulu. Caranya ialah cara nganji, yaitu dengan merendam kain mori ke dalam air selama satu malam lalu dicuci selama kurang lebih 15 menit dan rebus ke dalam air kanji atau tajin (air rebusan beras yang diberi campuran daun bambu dan sedikit gamping).
  • Setelah dikanji, kain mori digulung lalu diletakkan di atas papan atau tempat yang datar kemudian dipukuli dengan palu kayu. Gunanya agar cairan malam yang akan digoreskan di atas kain mori tidak terlalu meresap ke dalam serat tenunan. Dengan cara ini maka malam dapat dengan mudah untuk dihilangkan.
  • Selanjutnya menggambar desain batik di atas kain mori yang telah kering tadi dengan menggunakan pensil atau molani.
  • Gunakan canting yang berisi lilin cair yang berguna untuk melapisi motif yang diinginkan. Supaya saat pencelupan ke dalam larutan pewarna, bagian yang diberi lapisan lilin tidak terkena. Setelah lapisan lilin kering, celupkan kain ke dalam larutan pewarna.
  • Kain mori yang telah berubah warna lalu direbus dengan air panas yang berguna agar menghilangkan lapisan lilin sehingga motif terlihat lebih jelas. Proses ini sering disebut ngolorot.

Sumber: http://sutrisnostmikpringsewu.wordpress.com/2012/11/28/tahapan-pembuatan-batik-pekalongan/

No comments:

Post a Comment