Search This Blog

Mengatur Program Adobe Page Maker


Dalam hal ini istilah pengaturan program adobe pagemaker yaitu tentang ukuran dan margin-margin yang dibutuhkan, misalnya dalam pembuatan buku.

Sebelum misalnya dalam contoh ini pembuatan buku. Tentukan dulu ukuran buku yang akan di buat, serta berapa margin-marginnya. Biasanya margin dibuat 20 mm atau 2 cm. (itu termasuk margin atas-bawah, kiri-kanan). Tapi lain halnya apabila terdapat ikon halaman yang ditaruh misalnya dibawah (kebanyakan umumnya). Margin (batas) bawahnya diukur lagi sesuai dengan ukuran apabila ditambahin ikon halaman tersebut. Misalkan tadi 20 mm dari batas bawah ya, kemudian atasnya diberi ikon halaman (misalkan asumsi tebal ikon halaman 5 mm) dari ikon halaman ditarik ke atas dengan jarak minimal 5 mm supaya nanti teksnya tidak terlalu rengket atau dekat dengan ikon halaman. Jadi sekarang berdasarkan data tersebut ukuran total untuk batas (margin) bawah menjadi 30 mm. Jadi dengan kata lain pada kotak margin bottom diberi ukuran 30 mm supata nanti garis bantu yang (biasanya warna pink berada di atas ikon halaman, misalnya kita mengerjakan kerjaan teks bisa dengan cepat meletakkan teks tanpa takut kebablasan atau terlewati sehingga mengakibatkan jarak teks dan ikon menjadi dekat.

O iya tadi lupa, untuk membuat ukuran buku apabila kita menginginkan ukuran yang akan kita buat. Pada page size masukkan angka (ukuran) yang kita inginkan. Ukuran biasanya menggunakan ukuran inch. Jgn kaget pakai aja dulu. Nanti tinggal dirubah.
Untuk lebih tahu cara mengganti satuan ukuran yang akan digunakan, bisa baca disini: Membuka Program Adobe Page Maker

Semoga bermanfaat. Amin.

No comments:

Post a Comment