Search This Blog

Camilan Sehat untuk Anak

Ssst! Ini Dia Camilan Sehat untuk Anak di Bawah Usia 2 Tahun



Jakarta, Layaknya orang dewasa, anak-anak khususnya yang masih berusia di bawah usia lima tahun pasti juga ingin camilan untuk mengisi snack time mereka. Hanya saja, orang tua perlu memastikan camilan yang disantap si kecil padat gizi dan menyehatkan.

Seperti dikatakan dr Agnes Mallipu dari Global Alliance forImproved Nutrition, saat ini memang banyak camilan yang tersedia di pasaran tetapi belum ada camilan khusus untuk anak usia di bawah dua tahun. Toh ada, paling-paling camilan untuk anak.

"Jadi yang direkomendasikan adalah buah, yang tersedia di pedesaan atau perkotaan. Dari buah divariasikan kan bisa. Kita hanya memberi prinsip dasar saja, karena banyak variasi camilan di pasaran,' kata dr Agnes sata ditemui di JS Luwansa Hotel, Jakarta, seperti ditulis Selasa (15/7/2014).

dr Agnes menekankan, untuk anak usia di bawah 2 tahun, camilan yang diberikan harus padat gizim volume sedikit tapi kandungan gizi besar. Selain itu, waktu ngemil juga harus diatur.

Sebaiknya jangan beri anak camilan menjelang waktu makan, minimal satu jam sebelum makan. Pemberian camilan bisa dilakukan pada pagi hari dua jam setelah sarapan dan sore sebelum makan malam.

"Nah, biasanya camilan kan rasanya kalau nggak manis ya asin. Kalau anak diajarin makan yang manis atau asin nanti besarnya dia biasa nyari makanan yang manis atau asin. Akibatnya, nanti anak nggak mau kalau dikasih buah atau sayur," kata dr Agnes.

Beberapa buah yang disarankan di antaranya pisang, pepaya, alpukat, jeruk, dan mangga. Pengolahannya pun harus disesuaikan dengan usia anak misalnya diblender atau jadikan puding ketika anak sudah bisa mengonsumsi makanan dengan tekstur lebih kasar.

"Buah seperti durian atau nangka boleh sedikit sekali dengan tujuan untuk mengenalkan berbagai macam pada anak. Yang penting jangan berlebihan," kata dr Agnes.

Sumber: http://health.detik.com/read/2014/07/15/073130/2637101/764/ssst-ini-dia-camilan-sehat-untuk-anak-di-bawah-usia-2-tahun?l991101755

No comments:

Post a Comment